Pengukuhan FPK


Pasir Pengaraian, 15 April 2015 telah dlaksanakan pengukuhan kepengurusan Forum Pembauran Kebangsaan ( FPK ) Kabupaten Rokan Hulu dimana Forum Pembauran Kebangsaan telah dibentuk di Kabupaten Rokan Hulu sesuai dengan Surat Keputusan Bupati Rokan Hulu Nomor : Kpts. 220/BKESBANGPO/410/2012 Tentang Pembentukan Forum Pembauran Kebangsaa di Kabupaten Rokan Hulu Periode   2012 -2017 , selain menjalankan amanat Permendagri Nomor 34 tahun 2006 Tentang Pedoman Penyelenggaraan Pembauran Kebangsaan di Daerah, pembentukan FPK Rokan Hulu ini merupakan kesadaran pemerintah daerah dan masyarakat akan pentingnya pembauran di tengah masyarakat. Terlebih bila kita memperhatikan masyarakat Rokan Hulu yang multikultural, majemuk dengan letak daerah yang berbatasan langsung dengan provinsi tetangga.Tidak dapat dipungkiri, kondisi seperti ini mempengaruhi bentuk dan pola interaksi masyarakat Rokan Hulu.

 Mungkin telah sama-sama kita rasakan, bahwa tantangan terbesar untuk negara seperti Indonesia yang multi etnis, budaya, bahasa dengan geografis yang luas adalah ancaman terhadap keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia. Berbagai potensi konflik sangat mudah kita temui di tengah kehidupan kita. sampai saat ini potensi konflik tersebut belum sampai pada situasi yang menggiring kita pada perpecahan anak bangsa. Hingga kini, bangsa Indonesia masih utuh dalam naungan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

 Kelompok etnis dan suku memang memerlukan tempat atau wadah untuk berkumpul. Untuk membicarakan masalah-masalah pembauran dan menggagas kegiatan-kegiatan untuk berinteraksi dengan berbagai etnis dan suku. Sesuatu yang saat ini semakin jarang kita temui.

             Oleh karena itu, Kegiatan Forum Pembauran Kebangsaan ini  sangat terkait dengan upaya meminimalisir terjadinya potensi konflik yang pada akhirnya dapat meningkatkan persatuan dan kesatuan bangsa.